Pengaruh Resiliensi terhadap Burnout Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Seni Pebi Pebriani, - and Muhammad Erwan Syah, - (2024) Pengaruh Resiliensi terhadap Burnout Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf] Text
Judul_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of Abstrak_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi (1).pdf] Text
Abstrak_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi (1).pdf

Download (123kB)
[thumbnail of BAB I_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf] Text
BAB I_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of BAB II_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf] Text
BAB II_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of BAB III_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf] Text
BAB III_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB IV_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf] Text
BAB IV_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of BAB V_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf] Text
BAB V_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf] Text
Daftar Pustaka_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of Lampiran_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf] Text
Lampiran_202303089_Seni Pebi Pebriani_Psikologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Plagiarisme_20230389_Seni Pebi Pebriani_Psikologi_compressed.pdf] Text
Plagiarisme_20230389_Seni Pebi Pebriani_Psikologi_compressed.pdf

Download (44kB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Mahasiswa adalah sebutan bagi individu yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Penelitian ini, berfokus pada mahasiswa yang sedang menjalani kuliah di tingkat akhir. Mahasiswa tingkat akhir yang kurang mampu menangani
berbagai masalah dalam perkuliahan cenderung rentan mengalami burnout akademik. Mahasiswa yang memiliki resiliensi yang tinggi cenderung akan mengalami burnout akademik yang rendah, sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh resiliensi terhadap dimensi burnout akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan metode analisis yaitu regresi linear berganda. Burnout akademik diukur menggunakan skala Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS), sedangkan resiliensi diukur menggunakan skala Resilience Quotient (RQ Test). Subjek dalam penelitian ini diambil menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah subjek yang diperoleh dalam penelitian yaitu 436 subjek. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji F simultan. Berdasarkan
hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa pada variabel resiliensi dan dimensi 1 burnout akademik memperoleh nilai sig. sebesar 0,273, resiliensi dan dimensi 2 burnout akademik memperoleh nilai sig. sebesar 0,020 dan resiliensi dan dimensi 3 burnout akademik memperoleh nilai sig. sebesar 0,000, sehingga dapat dikatakan bahwa H2 dan H3 dapat diterima, sedangkan H1 memiliki nilai signifikansi > 0,05
sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 29 Sep 2025 08:22
Last Modified: 29 Sep 2025 08:22
URI: https:///id/eprint/3727

Actions (login required)

View Item
View Item