Moudyzania Zulkarnaen, - and Ahmad Hanafi, - (2024) Optimalisasi Pengalaman Pengguna Melalui Redesign UI/UX Sistem Inaportnet Berbasis Mobile Menggunakan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: PT.Fajar Indah Lines). Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_202103035_sistem informasi_Moudyzania Zulkarnaen (2).pdf
Download (275kB)
Abstrak_202103035_sistem informasi_Moudyzania Zulkarnaen (2).pdf
Download (20kB)
BAB 1_202103035_sistem informasi_Moudyzania Zulkarnaen.pdf
Download (22kB)
BAB 2_202103035_sistem informasi_Moudyzania Zulkarnaen.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
BAB 3_202103035_sistem informasi_Moudyzania Zulkarnaen.pdf
Download (487kB)
BAB 4_202103035_sistem informasi_Moudyzania Zulkarnaen.pdf
Download (903kB)
BAB 5_202103035_sistem informasi_Moudyzania Zulkarnaen.pdf
Download (13kB)
Daftar Pustaka_202103035_sistem informasi_Moudyzania Zulkarnaen.pdf
Download (60kB)
Lampiran_202103035_sistem informasi_Moudyzania Zulkarnaen.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Plagiarisme_202103035_Moudyzania Zulkarnaen_S1 Sistem Informasi.pdf
Download (101kB)
Abstract
Latar Belakang: Inaportnet merupakan sistem informasi berbasis internet yang mengintegrasikan layanan pelabuhan menjadi satu standar. Tujuannya adalah mempermudah perusahaan pelayaran dan operasi bongkar muat. Platform ini
melayani berbagai entitas, termasuk pemerintah, organisasi bisnis pelabuhan, dan aktor industri logistik di Indonesia. PT. Fajar Indah Lines, sebagai penyedia jasa transportasi laut, menggunakan Inaportnet untuk proses clearance kapal. Terdapat kebutuhan untuk menggunakan aplikasi ini secara mobile, Namun terdapat kendala yaitu beberapa fitur tidak bisa di akses melalui mobile.Oleh karena itu, Inaportnet
berencana merancang versi mobile dengan fokus pada desain ulang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) sebelum pengembangan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan prototipe antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dari aplikasi Inaportnet Prototipe ini akan digunakan untuk memvalidasi kebutuhan pengguna dalam pengembangan sistem,
dengan fokus utama pada peningkatan pengalaman pengguna pada perangkat mobile.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode design thinking dengan 5 tahap: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Peneliti merancang desain antarmuka pengguna (UI) mobile Inaportnet yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Hasil: Dalam penelitian tentang redesign mobile Inaportnet peneliti mengukur kemudahan penggunaan dengan metode SEQ (Single Ease Question) yang menggunakan skala penilaian dari 1 hingga 7. Skala ini berkisar dari 1 (Sangat Sulit) hingga 7 (Sangat Mudah). Hasil penelitian menunjukkan mayoritas pengguna memberi penilaian skala 7 pada desain UI/UX prototipe mobile Inaportnet menunjukkan pengalaman pengguna yang sangat mudah dan memuaskan.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, desain UI mobile Inaportnet telah sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dapat dijadikan referensi untuk pengembangan lebih lanjut.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software (Information System) |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
| Depositing User: | Mrs Tiara DP |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 09:00 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 09:00 |
| URI: | https:///id/eprint/3854 |
